Kamis, 23 Mei 2013

Kenapa Hujan Bikin Sakit Kepala ?

Banyak di antara kita bertanya-tanya apa penyebab sakit kepala setelah kita kehujanan.


Letak Geografis Indonesia yang berada dalam lintasan garis Khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga saat pagi terlihat begitu cerah, bahkan siangnya matahari begitu terik, tahu-tahunya ketika sore hujan pun turun, hal seperti ini lah yang sering membuat kita kehujanan, lalu timbul lah sakit kepala.
Berikut ini saya tuliskan beberapa hal yang dapat menjawab pertanyaan di atas, mengapa hujan dapat menyebabkan sakit kepala ?

  1. Saat hujan suhu udara akan mengalami penurunan, ketika cuaca dingin virus lebih cepat menyebar dan menginfeksi satu sama lain, sehingga sistem kekebalan tubuh pun menurun.
  2. Hujan akan menyebabkan penurunan suhu tubuh terutama di sekitar kepala, sehingga tubuh akan mangeluarkan energi yang besar untuk mengatasi rasa dingin, hal ini dapat menimbulkan, atau memicu sakit kepala.
  3. Air hujan yang turun banyak mengandung senyawa-senyawa & gas sehingga air hujan bersifat asam, hujan rintik-rintik / gerimis menyebabkan konsentrasi asam dari gas dan senyawa semakin besar. Dan hal ini dapat memicu seseorang terserang penyakit.
  4. Tekanan udara yang rendah saat hujan/mendung juga turut menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memicu terjadinya sakit kepala dan infeksi penyakit lain.
Nah, ini lah beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala saat hujan, di sarankan agar segera membilas rambut setelah kehujanan agar zat-zat asam yang terbawa air hujan hilang, dan menurunka resiko terinfeksi penyakit, dan segera mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak terlalu dingin sehingga kekebalan tubuh terhadap penyakit pun menjadi rentan.

Demikianlah artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat. (sumber : DetikHealt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar