Jumat, 31 Mei 2013

Gigitan Nyamuk Bisa Bikin Gatal, Kenapa ?

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Animalia
Fillum : Arthropoda
Kelas : Serangga (Insecta)
Ordo : Diptera
Famili : Culicidae



Teman kuliah saya pernah menanyakan "kenapa gigitan nyamuk itu bisa bikin gatal ya ?". menurut saya ini pertanyaan yang menarik, karena banyak dari kita belum mengetahui bagaimana sih rahasia si Nyamuk yang bisa bikin bentol-bentol gatal itu ??

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Nyamuk yang sering menggigit itu adalah Nyamuk jenis betina, namun yang lebih mengejutkan, ternyata darah yang dihisap si Nyamuk bukan sebagai makanan tetapi sebagai faktor untuk memproduksi telur. Nyamuk, baik jantan maupun betina sama-sama memperoleh makanan mereka dari Nektar Tumbuhan dan sumber gula lainnya.



Setelah Nyamuk betina memperoleh darah, si Nyamuk ini akan beristarahat dan memproduksi telur Nyamuk, yang didapatkan dari hasil pencernaan Protein dan Zat Besi dalam darah.
Lalu, Mengapa gigitan Nyamuk bisa bikin gatal ?
Saat Nyamuk menggigit, nyamuk menusuk-kan Proboscis mereka kedalam kulit kita untuk mendapatkan darah, seraya Nyamuk juga menyuntikkan Air Liur mereka yang dapat memudahkan Nyamuk meminum darah manusia. Air Liur Nyamuk yang tertingal pada kulit saat Nyamuk telah kenyang mengandung zat Antikoagulan (zat anti pembekuan darah), kemudian tubuh akan merespon keberadaan antigen dari Air Liur tersebut dengan menghasilkan beberapa Antibody, dan hal ini akan pelepasan Histamin.

Histamin adalah senyawaNitrogen yang memicu respon peradangan (inflamasi), Histamin juga membantu sel darah putih dan protein lainnya dalam melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Histamin akan menyebabkan pembengka-kan pada pembuluh darah di sekitar gigitan Nyamuk, proses ini akan menghasilkan benjolan berwarna merah muda dan terasa gatal pada tempat gigitan Nyamuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar